7 Tips Sederhana Memilih Laptop Murah Berkualitas


Jaman sekarang, Laptop atau Notebook merupakan salah satu kebutuhan utama dalam berbisnis, mengolah data, membuat program, mengakses informasi, atau melepas kejenuhan (multimedia dan gaming). Banyak sekali produk laptop atau notebook dengan berbagai fitur dan keunggulannya masing-masing yang dipasarkan oleh berbagai brand ternama saat ini. Produk-produk ini terdiri dari varian yang berspesifikasi tinggi (high-end), menengah, hingga yang berspesifikasi rendah (low-end). Ragam jenis varian laptop atau notebook ini diciptakan untuk menyeseuaikan harga dan kebutuhan dengan para pengguna atau pembeli. 

Tentunya dengan banyaknya varian laptop atau notebook saat ini malah membuat kita bingung dalam memilih laptop atau notebook yang sesuai dengan kebutuhan maupun minat kita. Memilih laptop yang berkualitas dan multifungsi menjadi tantangan tersendiri bagi para pembeli, terutama bagi yang memiliki budget atau dana kecil. Terkadang banyak sekali yang keliru dalam memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhannya. Ada perbedaan mendasar antara laptop untuk gaming dan laptop untuk bekerja, seperti ketahanan baterai, fitur-fitur, dan ukuran laptop. Berikut merupakan tips sederhana ala Tatitu123 dalam memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kita miliki :

1. Pilih Prosesor yang sesuai dengan kebutuhan


Prosesor yang merupakan otak dari laptop adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam memilih laptop. Saat ini terdapat 2 nama besar penyedia prosesor komputer, yaitu AMD dan Intel. Banyak sekali perdebatan tentang mana yang lebih baik antara keduanya, namun kali ini kita tidak akan membahas hal itu. AMD sendiri pada umumnya menyediakan prosesor yang lebih mengutamakan performa dan kinerja yang lebih terfokus pada satu bidang tertentu dengan harga yang lebih ekonomis, sedangkan Intel cenderung lebih menonjol dalam fleksibilitas kerja, multitasking, dan efisiensi penggunaan daya baterai. Umumnya kinerja prosesor AMD lebih menonjol dalam pengelolaan grafis sehingga sangat cocok untuk gaming, sedangkan Intel lebih cocok untuk untuk bekerja dan mengolah data dikarenakan efisiensi penggunaan daya baterai yang lebih baik. Namun ini bukanlah hal yang mutlak, karena banyak sekali varian prosesor yang dikeluarkan oleh AMD maupun Intel dengan fiturnya masing-masing. Penting bagi kita untuk memahami arti dari kode seri dari setiap prosesor, misalnya prosesor Intel Core I7 7500U. 7 merupakan generasi dari prosesor tersebut, 500 merupakan nomor keluarnya produk (SKU), dan U merupakan info tambahan terkait fitur yang ditawarkan (U disini berarti Ultra-Low Power). Dalam memilih prosesor Intel, hal utama yang perlu diperhatikan adalah angka pertama dan huruf akhir, karena hal ini cukup mempengaruhi kinerja laptop/notebook yang diinginkan. Untuk AMD sendiri lebih variatif, namun seri APU (Accelerated Processing Unit) umumnya dilengkapi dengan GPU onboard, sehingga lebih baik untuk gaming dan pengelolaan grafis. Frekuensi kecepatan prosesor (clock speed) juga harus diperhatikan, karena hal ini sangat mempengaruhi kecepatan pengelolaan data laptop. Direkomendasikan untuk prosesor Intel pilih jenis prosesor Core I, karena menawarkan performa yang lebih stabil, sedangkan untuk AMD, sekurang-kurangnya pilih jenis APU A10 atau seri FX bagi yang memiliki kemudahan anggaran. Frekuensi 2 Ghz merupakan angka minimal untuk menjalankan komputer dengan nyaman saat ini, sedangkan untuk eksekusi program yang lebih berat (game, edit video, desain grafis) pilih frekuensi yang lebih tinggi. 

2. RAM yang lebih baik mengutamakan performa yang lebih baik pula


Random Access Memory (RAM) adalah memori penyimpanan sementara pada saat laptop bekerja. Saat ini umumnya laptop menggunakan DDR, jenis RAM dengan kecepatan tinggi. DDR sendiri terdiri dari beberapa generasi, yang terbaru adalah DDR4. Semakin tinggi generasi RAM, semakin cepat pula pengelolaan data, dan semakin cepat pula performa laptop. Ukuran RAM juga sangat mempengaruhi kinerja laptop. Kapasitas RAM 2GB merupakan ukuran paling minim dalam menjalankan berbagai program laptop saat ini, namun untuk kenyamanan direkomendasikan menggunakan RAM 4GB, sedangkan untuk Gaming dan multi-tasking, RAM dengan kapasitas 8GB keatas sangat direkomendasikan agar tidak terjadi lag atau penurunan kecepatan Laptop.

3. Graphic Card (GPU) untuk pengelolaan grafis yang lebih optimal


Banyak orang yang menganggap Graphic Card hanyalah kebutuhan tambahan bagi laptop untuk bermain game, dan menyesal dikemudian hari karena laptop tidak mampu menjalankan program-program desain grafis atau rendering video dengan baik. Saat ini, Graphic Card atau biasa disebut dengan GPU (Graphic Processing Unit) merupakan salah satu hal yang penting diperhatikan dalam memilih laptop. GPU sendiri merupakan komponen komputer yang memiliki kinerja khusus dalam pengelolaan grafis. Dewasa ini hampir semua program yang ada membutuhkan GPU, terutama Game dan Desain Grafis. GPU sendiri terdiri dari 2 jenis, yakni onboard (bawaan dari CPU, contoh : Intel HD) dan dedicated (terpisah). GPU terpisah menawarkan performa dan kinerja yang jauh lebih baik dari pada GPU onboard. Hal ini dikarenakan GPU terpisah tidak membebani prosesor dalam pengelolaan grafis. Saat ini terdapat 2 nama besar penyedia GPU terpisah komputer, yakni NVIDIA dan AMD. Perdebatan mengenai mana yang lebih baik tidak akan dibahas disini, karena masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri. GPU terpisah ini memiliki kapasitas VRAM yang bervariasi, namun disarankan untuk memilih sekurang-kurangnya 1GB untuk kinerja yang lebih nyaman, sedangkan bagi yang menginginkan performa gaming yang lebih baik, 2GB merupakan kapasitas minimal. GPU terpisah sendiri memiliki bermacam-macam jenis, tergantung fungsi dan performanya. Umumnya, NVIDIA seri GTX jauh lebih baik dalam hal gaming daripada seri GT, sedangkan AMD seri R (contoh : R7) jauh lebih baik dari seri Radeon HD dalam hal gaming.

4. Jenis Drive penyimpanan dan kapasitasnya



Drive penyimpanan laptop atau notebook tentu sudah menjadi hal yang wajib dibutuhkan dalam laptop, dan semakin besar kapasitas penyimpanan semakin baik pula laptop tersebut. Umumnya, jenis drive penyimpanan pada laptop saat ini adalah HDD atau biasa disebut dengan Hard Drive (Hard Disk). Namun bagi yang ingin performa laptop yang jauh lebih tinggi, terutama bagi para gamer, saat ini tersedia SSD (Solid State Drive) yang menawarkan performa yang jauh lebih cepat dibanding HDD (dengan harga yang lebih tinggi pula), sehingga proses copy, transfer, pemindahan data, dan loading program atau game pun menjadi jauh lebih cepat.

5. Ukuran Layar Laptop yang sesuai dengan kebutuhan



Layar laptop merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan kita. Produsen laptop saat ini umumnya menawarkan laptop dengan dimensi berkisar antara 6 inch hingga 18 inch. Asumsi umum, semakin kecil ukuran layar semakin baik pula tingkat portabilitas dan mobilitas laptop, dan semakin besar ukuran layar semakin nyaman pula dalam hal gaming dan multimedia. Faktanya tidak sesederhana itu. Resolusi layar serta konsumsi daya baterai juga merupakan hal yang penting dalam menentukan kesesuaian laptop dengan kebutuhan anda. Layar yang lebih besar tentu mengkonsumsi daya yang lebih besar pula, sehingga daya baterai pun menjadi lebih cepat terkuras. Untuk resolusi laya, semakin tinggi jumlahnya semakin baik pula ketajaman dan detail gambar laptop. Resolusi layar dan refresh rate yang lebih baik tentu akan menawarkan pengalaman gaming dan multimedia yang lebih baik. Namun bagi yang hanya ingin menggunakan laptop sekedar untuk bekerja, laptop dengan ukuran layar 13 hingga 14 inch dengan resolusi 1080p (resolusi HD) merupakan pilihan standar, sedangkan untuk yang dibawahnya tidak direkomendasikan, mengingat pada umumnya spesifikasi dan fitur yang ditawarkan menjadi lebih rendah.

6. Baterai laptop yang lebih tahan lama belum tentu lebih baik


Kebanyakan orang lebih mengutamakan daya tahan baterai yang lebih tinggi dalam memilih laptop, padahal laptop dengan daya baterai yang lebih tahan lama belum tentu sesuai dengan anda. Untuk gamer misalnya, umumnya laptop hemat energi menawarkan performa yang lebih kecil sehingga pengalaman gaming pun terasa lebih hambar, terlepas dari pengaturan pengelolaan daya baterai yang ditawarkan oleh sistem operasi laptop. Memang ada laptop yang memiliki performa tinggi dengan penggunaan baterai yang lebih efisien, namun sdah pasti harganya lebih tinggi. Tentu hal ini tidak berpengaruh dalam dunia pekerjaan, dimana tingkat portabilitas dan mobilitas merupakan hal yang diutamakan. Standar pemilihan daya baterai laptop adalah yang berkisar 3 hingga 4 jam, sedangkan untuk para pekerja, direkomendasikan menggunakan laptop dengan ketahanan daya sekurang-kurangnya 5 jam, sehingga dapat melanjutkan pekerjaan dimana saja.

7. Hal-hal lain yang juga perlu diperhatikan


Mungkin bagi yang mengutamakan tampilan dan fitur-fitur lainnya, banyak sekali produsen laptop yang menawarkan beragam keunggulan bagi produknya, seperti dimensi laptop yang lebih tipis (ultrabook slim), fitur keamanan yang lebih baik (detektor sidik jari hingga detektor wajah), keyboard dengan lampu LED, layar touchscreen, engsel layar yang lebih fleksibel, layar yang bisa dicopot, kamera depan yang lebih baik dan lain-lain. Sesuaikan hal ini dengan kebutuhan, karena sudah pasti fitur-fitur tersebut cocok dengan budget yang kita miliki. Sebagai contoh, laptop slim belum tentu cocok dengan gamer, karena umumnya laptop slim menawarkan spesifikasi dan performa yang lebih rendah dibanding laptop yang lebih tebal. Bagi para pekerja yang mengutamakan keamanan data, fitur keamanan tambahan tentu merupakan tawaran yang cukup menggiurkan untuk ditolak, ditambah dengan touchscreen dan fungsi tablet untuk menunjang portabilitas dan mobilitas. Sedangkan bagi penikmat multimedia, speaker laptop yang lebih baik juga merupakan hal yang perlu dipertimbangkan, terlepas dari adanya headset maupun speaker eksternal. Seri port USB juga merupakan hal yang perlu diperhatikan bagi yang menginginkan transfer rate drive eksternal (Flashdisk atau Harddisk Portabel) yang lebih cepat.

Demikian tips sederhana dalam memilih laptop atau notebook yang cepat dan sesuai kebutuhan ala Tatitu123. Semua hal yang telah disebutkan diatas belum tentu hal yang mutlak benar, namun dapat dijadikan rujukan dalam memilih laptop berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan budget/anggaran yang kita miliki. Utamakan untuk memperhatikan Processor, RAM dan GPU, karena ketiga hal ini merupakan perangkat utama yang mempengaruhi performa dan kinerja laptop secara keseluruhan. Semoga tips ini bermanfaat bagi yang ingin membeli laptop, baik yang baru maupun yang bekas.

Share this

Related Posts

First